Manfaat Sepeda

Jempoler buat peserta #GowesPagi

Pagi ini membaca tulisan mas Mitrabani tentang manfaat Sepeda. Rasanya tulisan itu entah darimana sumbernya, perlu kita ketahui bersama. Jangan lihat siapa yang bicara (menulis) tapi baca apa (manfaat) yang bisa kita ambil. Mari kita baca manfaat sepeda versi mas Mitrabani.

+++

Kemana pun anda pergi, di sekeliling kita makin banyak saja orang yang memakai sepeda. Entah itu untuk alasan sekedar olahraga, atau sengaja bersepeda ke kantor. Bersepeda tak hanya merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan, tapi juga merupakan olahraga yang efektif . anda bisa bersepeda kapan saja dimana saja pada setiap saat sepanjang tahun.

Sepeda juga merupakan alat transportasi yang sangat murah baik dari segi harga dan pemeliharaannya. terkesan sangat simpel dan sederhana. Seiring dengan berkembangnya jaman sepeda bukan hanya alat transportasi sederhana lagi, sepeda saat ini menjadi alat transportasi yang vital terutama di kota-kota besar yang penuh sesak kendaraan bermesin.

Sepedaan #GowesPagi

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peloreh apabila kita membiasakan diri untuk bersepeda. Dengan bersepeda secara otomatis kita melakukan aktivitas fisik dan berolahraga sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan sehat. Ada banyak manfaat terkait dengan bersepeda, mari kita lihat beberapa manfaatnya :

1.Bersepeda baik untuk kesehatan Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi. Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya.

2.Mengurangi berat badan Hasil yang didapat dari bersepeda terutama akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha, dan pinggul. Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam, jadi akan berguna untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu bersepeda dapat meningkat volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak Untuk penderita obesitas bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena relatif aman dibanding kebanyakkan oahraga lain yang mengharuskan berlari atau melompat, karena benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, dan punggung. Sebab bagi mereka yang obesitas berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras.

Sepedaan #GowesPagi bersama GreenRace

3.Bersepeda meningkatkan semangat Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, stress, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita, sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar kita secara lebih seksama bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar, bonus dari semua itu adalah kesehatan

Kegiatan bersepeda juga bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan buat anda lebih menghargai diri sendiri, anda bisa mengalihkan perhatian dari hal-hal yang mengkhawatirkan dan mencurahkan waktu untuk diri sendiri. Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda manjadi salah satu relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakan hembusan angin.karena itu dengan bersepeda dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi anda dapat lebih sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran.

Sepedaan #GowesPagi

4. Bersepeda mengurangi polusi udara Dengan bersepeda lingkungan pun terbebas dari asap polusi, karena itu mari kita bersepeda, tidak hanya untuk kesehatan diri kita saja, dengan kita menggunakan sepeda , kita dapat mengurangi polusi udara dan menyelamatkan bumi yang disebabkan oleh penggunan kendaraan bermotor. Asap kendaraan dapat membuat lingkungan tercemar.

Jadi sebaik nya gunakanlah sepeda pada saat anda harus berpergian ketempat yang memungkinkan dijangkau dengan sepeda. Bahkan sekarang banyak komunitas yang bernama bike to work menggunakan sepeda untuk bekerja setiap hari Jadi tunggu apalagi mulailah sekarang kita bersepeda!!! Karena bersepeda mampu memberikan banyak manfaat bagi diri kita sendiri dan lingkungan sekitar.

Dengan bersepeda pula Masyarakat akan lebih banyak berinteraksi satu sama lain dan memperkuat hubungan akan tetangga sekitar. Jika ini semua tercapai maka masyarakat yang sehat dan memiliki identitas sosial yang baik akan terwujud.

+++

Terima kasih mas Mitrabani dan mas Djoko Luknanto (pemilik beberapa poto di artikel ini). Semoga tulisan manfaat sepeda ini benar-benar bermanfaat bagi para pembacanya. Yuk #GowesPagi secara rutin.

 

Jempoler buat peserta #GowesPagi

Jempoler buat peserta #GowesPagi

6 komentar

  • Eric Juliansyah

    Punya ericIX C

    Disukai oleh 1 orang

    • tks

      Suka

  • Ping-balik: #KagamaGoesGreen Hijaukan lereng Merapi | Dari "Kaca Mata"-ku

  • Sepeda ramah lingkungan. Semoga saya juga bisa bersepeda seperti Anda.

    Suka

    • di tengah mahalnya nilai kesehatan, maka menjaga kesehatan menjadi suatu hal yang mutlak
      btw jangan lakukan olah raga atau apapun secara berlebihan, banyak contoh justru mereka yang berlebihan berolah raga lebih cepat dijemput maut

      salam sehati

      Suka

      • tu laa..lain x idup ni jgn terlampau riak dan taubakr cik linda oiii..awaktu dah tua duit x bwk ke mana2..kang x pasal2 dah kena byr saman..huhuuuuu..tahniah fahrin ahmad di atas keberanianmu..’

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s