Syukuran Goweser BluXpit

BluXpit Seli 2015

Sabtu 3 Januari 2015 akan menjadi salah satu bentuk “Syukuran Goweser BluXpit”, setelah acara syukuran di Omah Monjali jelang tahun baru lalu. Acara ini selain untuk mempersatukan para goweser Jogja yang peduli pada Jogja Kota Sepeda (JKS) juga sebagai ungkapan syukur karena suksesnya acara BluXpit2014 Gowes Bandung Jogja 400 km dalam rangka ulang tahun UGM ke 65.

Ide awal acara ini adalah spontanitas dari Humas BluXpit2014 yang ingin memberi penghargaan pada para pengendara sepeda lipat yang ikut dalam acara BluXpit Gowes bandung Jogja 400 km. Gayung bersambut, rupanya beberapa peserta BluXpit memang terkesan dengan penampilan para goweser yang setia mengayuh SELI (sepeda lipat) sepanjang hari-hari gowesnya, sehingga puluhan goweser dari berbagai komunitas dengan berbagai jenis sepeda akan ikut memeriahkan acara Gowes BluXpit Seli Kaliurang 2015.

Dalam perkembangannya, beberapa peserta dari kelas pemula rupanya mengusulkan untuk membagi rute dalam dua kelas, yaitu kelas pemula dan kelas lanjutan. Kelas pemula meminta pada panitia untuk balik ke lokasi start setelah sampai di Warung Ijo (Warijo) Pakem dan mengusulkan rute yang diambil adalah rute yang melalui jalan desa, sehingga terasa kesejukan Jogja di pagi hari.

Sego segawe Jogja

Sego segawe Jogja

Dengan demikian rute dibuat menjadi sebagai berikut :

1. Start di Taman Kuliner Condongcatur (#TKC)

2. Menuju ring road utara ke arah jalan Tajem (ke timur)

3. Jalan Besi Raya Ngemplak

4. Cangkringan

5. Warung Ijo (Warijo) Pakem (peserta pemula bisa langsung menuju finish dan menuju ke item 7).

6. Kaliurang

7. Kentungan Jalan Kaliurang

8, Taman Kuliner Condongcatur (finish)

Di lokasi finish akan diadakan fun game untuk meramaikan acara dari peserta ke peserta yang lainnya. Acara fun game ini diadakan sambil menunggu semua peserta berkumpul, baik yang finish di Warijo maupun yang finish di Kaliurang. Setelah semua peserta berkumpul, barulah acara syukuran berupa menyantap sarapan bersama-sama dimulai.

Mitrabani, selaku ketua panitia kegiatan BluXpit Bandung Jogja yang biasanya mempergunakan sepeda bukan seli, pada kesempatan ini akan memperkenalkan sepeda selinya untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Sementara sebagian besar peserta tetap menggunakan sepeda masing-masing, kecuali beberapa pesepeda yang sengaja membeli sepeda lipat untuk ikut acara ini.

Taman kuliner Condongcatur dipilih sebagai lokasi start dan finish dalam acara syukuran BluXpit Seli ini karena begitu seringnya menjadi ajang kumpul para pesepeda Jogja yang sebagian besar merupakan alumni PT (tidak hanya UGM), mahasiswa, goweser dari berbagai komunitas dan juga para pemerhati gerakan Jogja Kota Sepeda sebagai penggema kegiatan sego segawe yang sudah lama mengakar di hati para pesepeda Jogja.

Acara ini diprediksi akan dimulai pada jam 5:30 dan fun game akan dimulai begitu peserta rombongan pertama memasuki lokasi finish. Acara fun game akan berakhir setelah semua peserta sudah berkumpul menjadi satu.

BluXpit Seli 2015

BluXpit Seli 2015

 

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s