Tips pola hidup sehat

bergaulah dengan penuh senyum

Banyak cara untuk hidup sehat dan semua cara itu pasti salah satunya berkata bahwa olah raga teratur adalah cara untuk hidup lebih sehat dan hampir tidak ada cara hidup sehat dengan tidur sepuasnya dan bermalas-malasan sebagai cara hidup sehat. Bedakan dengan tidur cukup, teratur dan terjadwal yang juga bisa sebagai nilai plius untuk hidup sehat. Tips pola hidup sehat yang akan kutulis ini berisi yang remeh temeh saja, tapi yang sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari.

Langsung saja, kita sepakati beberapa hal dibawah ini :

  1. Bangun pagi dengan dimulai dari senyum ikhlas pada dunia.
  2. Nikmati olah raga (apapun olah raganya) selama setengah jam sebagai kebutuhan bukan keinginan.
  3. Cobalah menarik nafas dalam-dalam sehingga semua paru-paru kita terisi udara.
  4. Makan minum apa saja, tapi secukupnya saja dan jangan sampai kekenyangan.
  5. Hidup dengan sebuah tujuan yang ingin dicapai (apapun tujuannya)
  6. Selalu berpikir positip, hindari berburuk sangka.
  7. Senang tidak senang, mulailah makan buah, sayur dan makanan sehat lainnya.
  8. Tidur teratur, istirahatkan tubuh dan bukan bermalas-malasan (“ngepluk”-jawa)
  9. Perbanyak minum air putih.
  10. Makanan gorengan (berminyak) itu memang enak, maka jauhilah !

10 Tips pola hidup sehat ini semoga sangat sederhana dan mudah dilaksanakan, kuncinya cuma satu saja untuk dapat melaksanakannya : DISIPLIN ! Tanpa ada disiplin, bisa dipastikan tips ini akan tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa jadi malah menyiksa kita. Contohnya saja, soal makanan gorengan yang sangat menggoda, sekali saja kita tergiur dan tidak disiplin untuk menjauhinya, maka tips yang lain akan dilanggar juga, akibatnya tipsnya menjadi tidak ada gunanya.

Mari kita perjelas satu demi satu 10 tips pola hidup sehat ini 🙂

Bangun pagi dengan dimulai dari senyum ikhlas pada dunia.

Saat membuka mata di pagi yang indah, munculkanlah suasana ceria di hati dan diwujudkan dengan sebuah senyum ikhlas, cukup 2 detik tarik bibir kiri 2 cm ke kiri dan bibir kanan 2 cm ke kanan. Rasakan aura semangat dalam diri kita menggulung-nggulung di seluruh badan dan membuat bangun pagi menjadi penuh semangat. Nikmati waktu subuh yang indah 🙂

selalu JJS dengan senyum ceria

selalu JJS dengan senyum ceria

Nikmati olah raga (apapun olah raganya) selama setengah jam sebagai kebutuhan bukan keinginan.

Semua orang punya jenis olah raga masing-masing yang disukai, lakukanlah olah raga yang bisa memmbuat kita  menikmatinyua sebagai permaian penuh kegembiraan dan bukan sebagai suatu tugas yang memberatkan. Prinsipnya olah raga harus membuat kita menjadi bahagia bukan jadi beban. Inilah saatnya kita jalan kaki !

sepedaan dengan senyum ceria

sepedaan dengan senyum ceria

Cobalah menarik nafas dalam-dalam sehingga semua paru-paru kita terisi udara. 

Selama ini kita sering hanya bernafas dengan menarik nafas biasa saja atau tidak sampai memenuhi semua rongga paru-paru, nikmatilah menghirup nafas dengan sedalam-dalamnya dan lepaskan nafas sampai benar-benar habis udara dalam paru-paru. Kita akan merasakan seuatu kelegaan yang luar biasa ketika melakukannya, apalagi bila dilakukan di lingkungan yang penuh udara sehat segar, misanya di pegunungan atau di taman 🙂

Makan minum apa saja, tapi secukupnya saja dan jangan sampai kekenyangan

Ada seseorang yang selama hidupnya sehat dan tidak pernah sakit dan baru sakit ketika ajal menjemputnya di usia tua, resepnya hanya satu “makan dan minumlah tapi jangan berlebihan”, ditambah “berhentilah makan sebelum kenyang”. Ini sebuah nasehat yang sangat gampang dibaca, dimengerti, tapi sering tidak biusa dilaksanankan ! Meskipun sudah kenyang kadang masih juga nambah lagi bila ketemu hidangan yang melenakan.

Hidup dengan sebuah tujuan yang ingin dicapai (apapun tujuannya)

Ciptakan sendiri tujuan hidup kita dan biarkan semangat kita mencapai tujuan membuat hidup jadi bergairah untuk mencapainya. Tentu tujuannya harus yang masuk akal, spesifik, terjangkau dan terukur (SMART), sehingga kita tidak malah jadi frustasi untuk mencapai tujuan kita.

Selalu berpikir positip, hindari berburuk sangka.

Berburuk sangka akan menyebabkan pikiran kia selalu terbebani dan dengan berbaik sangka pikiran kita akan terasa ringan, hidup terasa lebih indah dan kitapun bisa tersenyum tanpa beban. Ajaran agama juga mengajarkan kita untuk berbaik sangka, meskipun waspada tetap menjadi filter kita.

Senang tidak senang, mulailah makan buah, sayur dan makanan sehat lainnya

Sungguh amat nikmat kalau sejak kecil kita sudah suka hal ini, tapi kalau kita tidak terbiasa hal ini, maka mulai sekarang cobalah untuk dibiasakan ! Sangat banyak manafaat makan buah, sayur dan sejenisnya, tubuh kita akan menerimanya dengan tangan terbuka penuh harap.

Gowes Wedangan Kampoeng UNY

Gowes Wedangan Kampoeng UNY

Tidur teratur, istirahatkan tubuh dan bukan bermalas-malasan (“ngepluk”-jawa)

Badan kita bekerja sejak dari bayi, perlu waktu untuk beristirahat secara rutin dan cukup waktu, sehingga bisa berfungsi dengan baik lagi. Bedakan dengan istirahat karena malas, hanya tidur-tiduran dan tidak beraktifitas dengan baik.

Perbanyak minum air putih

Sudah banyak teori mengenai hal ini dan banyak bukti tentang bahayanya dehidrasi, maka mulai sekarang perbanyak minum air putih dengan teratur.

dimanapun dengan senyum ceria

dimanapun dengan senyum ceria

Makanan gorengan (berminyak) itu memang enak, maka jauhilah

Betapa banyaknya resto, warung bahkan penjual keliling menjajakan kuliner lezat yang berminyak, bahkan kadang minyaknya tidak jelas mutunya dan tetap enak di lidah, tapi kuatkan hati kita dan JAUHILAH ! Makanan yang berminyak (digoreng) bahayanya lebih banyak dari manfaatnya. Enak iya, tetapi tidak enak di ahirnya pasti iya juga 🙂

Selamat menikmati 10 Tips pola hidup sehat !

bergaulah dengan penuh senyum

bergaulah dengan penuh senyum

 

13 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.